Sikap Disiplin Dalam Upacara

Hari ketiga MOPD tetap di awali dengan upacara bendera merah putih. Namun Ketua Komite SMA Negeri 1 Labuhanhaji, Drs. Murdi. Us. yang seharusnya menjadi pembina upacara tidak dapat hadir. Oleh karena itu, Drs. Adnan menjadi pembina upacara hari ini.

Dalam amanatnya Drs. Adnan mengarahkan siswa tentang cara bersikap selama upacara bendera berlangsung. Beliau juga memberikan contoh tentang cara hormat. "Bagi kita yang tidak memakai topi, jari-jari tangan kiri dikepal (dalam keadaan siap, red). Jari-jari tangan kanan tidak dikepal tapi dibuka lebar dan dirapatkan. Kemudian diangkat membentuk sudut 60°, siku dan bahu sejajar. Terakhir, ujung jari tengah menyentuh alis kanan," ujar Beliau.

Selain cara bersikap ketika mengikuti upacara bendera, beliau juga mencontohkan jilbab siswi SMA N 1 Labuhanhaji dengan memanggil salah seorang siswi kelas XI IPA yang menggunakan jilbab sesuai aturan sekolah. Selanjutnya Beliau juga memanggil salah seorang siswa kelas dari XI IPA juga untuk mendemonstrasikan tata cara memasang dasi.

Melihat percontohan tersebut peserta MOPD sangat antusias untuk memperhatikan. "Semoga kalian bisa mengikuti aturan sekolah ini," ujar Beliau dalam menutup amanatnya. (rs)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama